Halaman

Rabu, 06 Juni 2012

Fitur baru di Windows 8

Operating System (OS) anyar keluaran Microsoft bertajuk Windows 8 akan segera dirilis ke pasaran. Banyak fitur baru yang ditawarkan di OS terbaru ini diantaranya adalah tampilan desktop akan banyak berubah menjadi tampilan model "thumbnail", hal ini seperti saat kita membuka tab baru pada browser Chrome, akam muncul banyak thumbnail situs yang telah atau sering kita kunjungi. Dengan bentuk tumbnail ini maka "explorer" akan ditampilkan menjadi susunan thumbnail dalam satu windows yang kemudian dapat di-klik  untuk menampilkannya menjadi satu thumbnail besar. Thumbnail yang sering dikunjungi akan berukuran lebih besar dari thumbnail lainnya. Penasaran ?




Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan yang penulis rasakan ketika mencoba OS baru ini :



Kelebihan :
  • Antarmuka Metro ("the Metro interface") menampilkan tampilan desktop dengan bentuk thumbnail dengan opsi di bagian kanannya. 
  • Zoom, adalah fitur untuk menampilkan tingkatan akses berkas, halaman web melalui metode zoom. Tombol Start akan menampilkan tampilan keseluruhan thumbnail sesuai dengan kategorinya. Pada aplikasi fitur zoom ini akan menampilkan beragam isi dari aplikasi tersebut. 
  • Anda dapat menggunakan gambar yang berada di media online seperti Facebook, SkyDrive, Flickr atau yang tersimpan di komputer untuk melalukan login, fitur keamanan ini berfungsi sebagai pengganti fitur "memasukan password" setiap Anda melakukan login..
  • Penggunaan Search, Sync,  dan Share akan menjadi lebih mudah. Fitur Search adalah kemampuan melakukan pencarian dari berbagai media seperti Aplikasi/Program, Pengaturan (Settings) ataupun Berkas di komputer Anda melalui tombol Start . Fitur Sync akan mensinkronkan aktifitas Anda di Windows, Browser dan Aplikasi menjadi satu kesatuan. Fitur Share menjadikan Anda mudah dalam melakukan aktifitas "berbagi" konten media dari komputer atau media online menjadi lebih mudah, hal ini berkat teknologi Share API yang sangat inovatif dari Microsoft.
Kekurangan :

  • Memerlukan waktu beberapa saat untuk mempelajari cara memakai OS baru ini, bahkan mungkin untuk beberapa kalangan akan membutuhkan tutorial yang disediakan untuk dapat memahami cara menggunakannya. Tetapi jangan kuatir, secara keseluruhan bagi pengguna OS Windows sebelumnya akan tidak terlalu sulit untuk menggunakan OS ini, tanpa disadari sistem yang digunakan hampir sama dengan OS Windows sebelumnya, hanya saja cara pemakaiannya yang berbeda.
  • Penggunaan mouse dengan banyak fitur Zoom pada awalnya akan menyulitkan, contohnya ketika kita akan melakukan scroll, bukan pergerakan ke atas atau ke bawah yang akan hadir, tetapi malah zooming (pembesaran thumbnail) yang ditampilkan.
  • Fitur Sync belum sepenuhnya sempurna, Progam (Apps) dan tampilan thumbnail menu Start belum sepenuhnya sinkron, begitu juga dan juga kemampuan login melalui gambar. Hal ini dikabarkan akan disempurnakan pada rilis resmi oleh Microsoft.
  • Fitur Aero pada Windows 7 tetap dipertahankan, hal ini agar kita dapat melakukan preview thumbnail yang diinginkan, masalahnya hal ini malah menyulitkan bagi penggunaan awal operating system ini. Pihak Microsoft belum memutuskan secara pasti mengenai dua fitur Windows yang berbeda ini apakah akan ditetapkan di Windows 8 atau tidak.
  • Windows 8 akan memudahkan Anda dalam menggunakan berbagai macam Aplikasi dan Program, tetapi sayangnya, sampai saat ini belum banyak Aplikasi yang tersedia selain dari aplikasi default seperti Mail, People, News, Travel, Evernote, Slacker Radio, Cut the Rope dan lainnya bawaan Windows.
Karena rilis resmi belum diluncurkan, untuk mencoba Windows 8 masih berupa "preview", versi ini dapat di download dari situs resmi Microsoft. Jangan lupa untuk mengisi email dan region sebelum melakukan download.

Credit to Seth Rosenblatt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar