Halaman

Kamis, 21 Februari 2013

Pabrik Foxconn di Indonesia akan produksi komponen iPhone dan iPad

Komponen untuk gadget canggih besutan Apple yaitu iPhone dan iPad rencananya akan diproduksi di Indonesia. Merujuk pada informasi bahwa Pabrik Foxconn yang baru dibangun di daerah Serang, banten yang akan memproduksi komponen untuk gadget canggih buatan Apple asal Amerika Serikat. Hal ini tentu saja menguntungkan Indonesia karena akan ada peningkatan nilai ekspor komponen untuk jenis komponen dan mungkin penurunan harga untuk gadget iPhone dan iPad (*ngarep) khususnya di Indonesia.

Sayangnya sampai saat ini belum ada kejelasan dari pihak Foxconn maupun pemerintah (Menteri
Perindustrian (MS Hidayat) dan Menteri Perdagangan (Gita Wirjawan) kapan rencana pabrik ini akan mulai melakukan produksi komponen untuk iPhone dan iPad ini, hal ini dikarenakan belum ada kesepakatan antara syarat-syarat yang diajukan oleh Foxconn dan Pemerintah dalam hal kemitraan dengan perusahaan lokal (Indonesia). Sedangkan informasi yang disampaikan Foxconn melalui salah satu staf eksekutifnya menyebutkan penundaaan ini dikarenakan belum jelasnya peraturan impor telepon genggam, ketidakjelasan pembatasan jumlah kuota impor dan upaya aktif pemerintah untuk menindaklanjuti praktik impor ponsel ilegal yang banyak merugikan investor perangkat telekomunikasi khususnya telepon genggam di Indonesia.

Isu negatif tersebut mendapatkan titik cerah ketika baru-baru ini Foxconn diinformasikan akan mulai membangun pabrik di daerah Cikande (Serang, Banten) dalam satu atau dua bulan ke depan (Maret atau April) menurut info yang disampaikan MS Hidayat di Jakarta. Lahan seluas 50 sampai 500 hektar untuk tahap awal dan rencananya akan diekspansi sampai dengan 1000 hektar untuk membangun pabrik Foxconn dengan investasi sekitar US$ 10 miliar.

Sumber : indonesiafinancetoday, detik, republika, kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar